Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Abidin, Yunus. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.

 

Absari, Gusti Ayu Komang Lili, Nyoman Sudiana, dan I Wayan Wendra. 2015.  “ Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja”. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

           Vol. 3, No. 1,  2015. Hal. 1-12. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=291502&val=1349&title=PENILAIAN%20AUTENTIK%20GURU%20BAHASA%20INDONESIA%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20MENULIS%20SISWA%20KELAS%20VII%20DI%20SMP%20NEGERI%201%20SINGARAJA

            (diakses 30 Oktober 16, Pukul 19.54 WIB)

 

Adnan. 2015. ”Penilaian Autentik Integratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III. Surakarta: Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Pasca Sarjana UNS dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

 

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip Teknik Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2015. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Bowo, Sigit Arif. 2015. “Pengoptimalan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan aktif Reseptif dalam Pembelajaran Sastra”. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III. Halaman 503-508. Surakarta: Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

                          dan Hariyadi. 2015. “Penilaian Autentik Materi Sastra Pada Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Menyongsong MEA”. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015 ISSN: 2477636 X. Surakata: Universitas Sebelas Maret.

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6370/Sigit%20Arif%20Bowo.pdf?sequence=1

           (diakses 28 Desember 2016, Pukul 10.50 WIB)

 

Budiwibowo, Satriyo. 2006. ”Peranan Supervisor dalam Pemantapan Sistem Pengadaan, Pendayagunaan, dan Pembinaan Tenaga Kependidikan”. Jurnal Pendidikan. Sukoharjo: Lembaga Penelitian Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

 

Depdiknas. 2008. Rancangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

 

Djiwandhono, Soenardi. 2011. Tes bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa Edisi 2. Jakarta: PT Indeks.

 

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Malang: Refika Aditama

 

Hastuti, Sri, Kundharu Saddhono, dan Chafit Ulya. 2015. “Implementasi Pendekatan Scientific Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Boyolali” . Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXVII. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

 

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Rosda.

 

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2013.            Strategi Pembelajaran Bahasa.  Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

 

Kartowagiran, Badrun. 2014. “Penilaian Berbasis Kurikulum 2013”. Pelatihan Penilaian Otentik Bagi Guru SMP di Wonosari yang mengimplementasikan kurikulum 2013, pada 29 Agustus 2014. Universitas Negeri Yogyakarta. Halaman: 1-7 . http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/prof-dr-badrun kartowagiran-mpd/penilaian-berbasis-kurikulum-2013.pdf

            (diakses 1 Mei 2016, Pukul 20.30 WIB

 

Kemendikbud. (2014a). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

                       . (2014b). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

           . (2014c). Pedoman Guru Mata Pelajaran Kurikulum 2013 untuk SMA dan SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. http://puskurbuk.kemendikbud.go.id

                       . (2014d). Buku Guru Edisi Revisi 2014 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10sma/guru/Kelas_10_SMA_Bahasa_Indonesia_Guru.pdf

(diakses 9 Januari 2017, Pukul 16.00 WIB)

                       . (2014e). Buku Guru Edisi Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

             . 2015a. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2015/12/panduan-penilaian-untuk-sma.pdf

(diakses 6 Januari 2017, Pukul 16.00 WIB)

                       . (2015b). Buku Guru 2015 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10sma/guru/Kelas_10_SMA_Bahasa_Indonesia_Guru_2016.pdf

(diakses 9 Januari 2017, Pukul 17.00 WIB)

             . (2015c). Buku Guru 2015 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_12sma/guru/Kelas_12_SMA_Bahasa_Indonesia_Ekspresi_Diri_dan_Akademik_Guru.pdf

(diakses 9 Januari 2017, Pukul 17.00 WIB)

                        :Badan  Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016.  KBBI Daring: Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. Jakarta: Kemdikbud.

 

Kosasih, Engkos. 2006. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII KTSP. Jakarta: Erlangga

 

Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapannya. Surabaya: Katapena.

 

Kusuma, Mochtar. 2016. Evaluasi Pendidikan Pengantar, Kompetensi, dan Implentasi. Yogyakarta: Parama Ilmu

 

Kusumaningsih, Dewi. 2015. “Peran Teks Bahasa Indoneisa sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan dalam Kurikulum 2013 (Strategi Mengenal struktur Teks dalam buku Bahasa Indonesia SMA Kelas X)”. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III. Halaman 404-407. Surakarta: Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

 

Mahmud, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

 

Mansyur, Harun Rasyid, dan Suratno. 2015. Asesmen Pembelajaran di Sekolah Panduan bagi Guru dan Calon Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Mulyadi, Yadi dan Ani Andriyani. 2015. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

                                                                                                  

Mulyasa, Enco. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Suatu Panduan Praktis). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Maulina, Oktalifa Hanna. 2015.”Penilaian Proyek sebagai Implementasi Authentic Assesment untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Drama di Sekolah”. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015 ISSN: 2477636X. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

 

Vivi Muryanti, 2015.Project-Based Assessment Models for Senior High School Grade XI”. Volume 1, No. 2, September 2015  IJELS. Yogyakarta: Sanata  Dharma University

 

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

 

Majid,Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung : PT.REMAJA ROSDAKARYA

 

Moleong, Lexy J.  2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Musanna, Al. 2016. “Reformasi Keyakinan Guru dalam Implementasi Kurikulum”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 1, Nomor 2, Agustus 2016. Halaman 219-234. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/viewFile/413/276. (diakses 2 Desember 2016 , Pukul 13.06WIB)

 

Musfiroh, Tadkiroatun dan Beniati Listyorini. 2016. “Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal LITERA, Volume 15, Nomor 1, April 2016. Halaman 1-11. http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/viewFile/9751/pdf. (diakses 27 januari 2017, pukul 12.41 WIB)

 

Muzamiroh, Mida Latiful. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013 Kekurangan dan Kelebihan Kurikulum 2013. Jakarta: Katapena.

Ngadip.

https://dispendik.surabaya.go.id/surabayabelajar/jurnal/199/Jurnal_10.pdf

 

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.

                               . 2011. “Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa”. LITERA, Volume 10, Nomor 2, Oktober 2011. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. http://id.portalgaruda.org/?ref=search&mod=document&select=title&q=penilaian+otentik&button=Search+Document

        (diakses 6 Desember 2016, Pukul 17.10 WIB)

                            .. 2015. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

 

Ola, Simon Sabon. 2012. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi Dan Ekologi: Kendala dan Alternatif Penanggulangannya”.  Kumpulan Makalah Seminar Nasional dalam Rangka Tahun Emas Universitas Udayana dan Sumpah Pemuda. Fakultas Sastra Universitas Udayana

 

Paryono, Yani. 2013. “Tantangan guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Kurikulum 2013”. Prosiding Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXV. Halaman 917-920. Surakarta: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret.

 

Permendikbud. 2016. “Standar Penilaian Pendidikan”. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/2013-06-18-06-45-37

            (diakses 2 Desember 2016 , Pukul 13.06 WIB)

 

Puspendik. 2011. “Asesmen Media Informasi dan Komunikasi”. Buletin Vol. 8 No. 3 Des 2011. Jakarta: Balitbang Kemdikbud. http://litbang.kemdikbud.go.id/data/puspendik/BULETIN%20%20Asesmen/Asesmen-des%202011.pdf

           (diakses 27 Januari 2017, Pukul 13. 06 WIB)

 

Ratnawulan, Elis dan A. Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

 

Salim, Ainun dan Th. Nuraeni Ekaningrum. 2006. “Tes Tertulis”. Assessment Berbasis Kelas. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas

 

Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

 

Komentar