Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber
DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Yunus. 2016. Revitalisasi
Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21.
Bandung: PT Refika Aditama.
Absari, Gusti Ayu Komang Lili, Nyoman Sudiana, dan I
Wayan Wendra. 2015. “ Penilaian Autentik
Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas VII di SMP Negeri
1 Singaraja”. E-Journal Universitas
Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Vol. 3, No. 1, 2015. Hal. 1-12. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=291502&val=1349&title=PENILAIAN%20AUTENTIK%20GURU%20BAHASA%20INDONESIA%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20MENULIS%20SISWA%20KELAS%20VII%20DI%20SMP%20NEGERI%201%20SINGARAJA
(diakses
30 Oktober 16, Pukul 19.54 WIB)
Adnan. 2015. ”Penilaian Autentik Integratif dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia”. Prosiding Konferensi Nasional
Bahasa dan Sastra III. Surakarta: Program Doktor Pendidikan Bahasa
Indonesia Pasca Sarjana UNS dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen
Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2.
Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Zainal.
2013. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip
Teknik Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Basuki,
Ismet dan Hariyanto. 2015. Asesmen
Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bowo,
Sigit Arif. 2015. “Pengoptimalan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan
Kemampuan aktif Reseptif dalam Pembelajaran Sastra”. Prosiding Konferensi
Nasional Bahasa dan Sastra III. Halaman 503-508. Surakarta: Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia
dan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
dan Hariyadi. 2015.
“Penilaian Autentik Materi Sastra Pada Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Menyongsong
MEA”. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa
Indonesia 2015 ISSN: 2477‐636 X.
Surakata: Universitas Sebelas Maret.
https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6370/Sigit%20Arif%20Bowo.pdf?sequence=1
(diakses 28 Desember 2016, Pukul
10.50 WIB)
Budiwibowo, Satriyo. 2006. ”Peranan Supervisor dalam
Pemantapan Sistem Pengadaan, Pendayagunaan, dan Pembinaan Tenaga Kependidikan”.
Jurnal Pendidikan. Sukoharjo: Lembaga
Penelitian Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.
Depdiknas. 2008. Rancangan
Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djiwandhono, Soenardi. 2011. Tes bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa Edisi 2. Jakarta: PT
Indeks.
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan
Komunikatif-Interaktif. Malang: Refika Aditama
Hastuti, Sri, Kundharu Saddhono, dan Chafit Ulya. 2015. “Implementasi
Pendekatan Scientific Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Dalam
Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Boyolali” . Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah bahasa dan Sastra Indonesia
(PIBSI) XXXVII. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Rosda.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2013. Strategi
Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Kartowagiran, Badrun. 2014. “Penilaian Berbasis Kurikulum
2013”. Pelatihan Penilaian Otentik Bagi
Guru SMP di Wonosari yang mengimplementasikan kurikulum 2013, pada 29 Agustus
2014. Universitas Negeri Yogyakarta. Halaman: 1-7 . http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/prof-dr-badrun
kartowagiran-mpd/penilaian-berbasis-kurikulum-2013.pdf
(diakses
1 Mei 2016, Pukul 20.30 WIB
Kemendikbud. (2014a). Bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1Kurikulum
2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
. (2014b). Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
. (2014c). Pedoman
Guru Mata Pelajaran Kurikulum 2013 untuk SMA dan SMK. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. http://puskurbuk.kemendikbud.go.id
. (2014d). Buku Guru Edisi Revisi 2014 Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10sma/guru/Kelas_10_SMA_Bahasa_Indonesia_Guru.pdf
(diakses 9 Januari 2017, Pukul
16.00 WIB)
. (2014e). Buku Guru Edisi Bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
.
2015a. Panduan Penilaian untuk Sekolah
Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2015/12/panduan-penilaian-untuk-sma.pdf
(diakses 6 Januari 2017, Pukul
16.00 WIB)
. (2015b). Buku Guru 2015 Bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10sma/guru/Kelas_10_SMA_Bahasa_Indonesia_Guru_2016.pdf
(diakses 9 Januari 2017, Pukul
17.00 WIB)
. (2015c). Buku Guru 2015 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_12sma/guru/Kelas_12_SMA_Bahasa_Indonesia_Ekspresi_Diri_dan_Akademik_Guru.pdf
(diakses 9 Januari 2017, Pukul
17.00 WIB)
:Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. KBBI
Daring: Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. Jakarta: Kemdikbud.
Kosasih, Engkos. 2006. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII KTSP. Jakarta: Erlangga
Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan
Penerapannya. Surabaya: Katapena.
Kusuma, Mochtar. 2016. Evaluasi Pendidikan Pengantar, Kompetensi, dan Implentasi.
Yogyakarta: Parama Ilmu
Kusumaningsih, Dewi. 2015. “Peran Teks Bahasa Indoneisa
sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan dalam Kurikulum 2013 (Strategi Mengenal
struktur Teks dalam buku Bahasa Indonesia SMA Kelas X)”. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III. Halaman
404-407. Surakarta: Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pascasarjana
Universitas Sebelas Maret.
Mahmud, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Mansyur, Harun Rasyid, dan Suratno. 2015. Asesmen Pembelajaran di Sekolah Panduan bagi
Guru dan Calon Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyadi, Yadi dan Ani Andriyani. 2015. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA
Kelas XII Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya Kurikulum 2013.
Bandung: Yrama Widya
Mulyasa, Enco. 2009. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (Suatu Panduan Praktis). Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maulina, Oktalifa Hanna. 2015.”Penilaian Proyek sebagai Implementasi
Authentic Assesment untuk
Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Drama di Sekolah”. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015 ISSN: 2477‐636X. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Vivi Muryanti, 2015. “Project-Based Assessment Models for Senior High School
Grade XI”. Volume 1, No. 2, September
2015 IJELS. Yogyakarta: Sanata Dharma University
Mahsun. 2014. Teks
dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Majid,Abdul. 2005. Perencanaan
Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung : PT.REMAJA
ROSDAKARYA
Moleong, Lexy J.
2014. Metodologi Penelitian
Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musanna, Al. 2016. “Reformasi Keyakinan Guru dalam
Implementasi Kurikulum”. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 1, Nomor 2, Agustus 2016. Halaman
219-234. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/viewFile/413/276. (diakses 2 Desember 2016 , Pukul 13.06WIB)
Musfiroh, Tadkiroatun dan Beniati Listyorini. 2016. “Konstruk
Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal LITERA, Volume 15, Nomor 1, April 2016. Halaman 1-11. http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/viewFile/9751/pdf.
(diakses 27 januari 2017, pukul 12.41 WIB)
Muzamiroh, Mida Latiful. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013 Kekurangan dan
Kelebihan Kurikulum 2013. Jakarta: Katapena.
Ngadip.
https://dispendik.surabaya.go.id/surabayabelajar/jurnal/199/Jurnal_10.pdf
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Pertama.
Yogyakarta: BPFE Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.
. 2011. “Model
Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa”. LITERA, Volume 10, Nomor 2, Oktober 2011. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta. http://id.portalgaruda.org/?ref=search&mod=document&select=title&q=penilaian+otentik&button=Search+Document
(diakses 6
Desember 2016, Pukul 17.10 WIB)
.. 2015. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ola, Simon Sabon. 2012. “Pembelajaran Bahasa Indonesia
Berbasis Kompetensi Dan Ekologi: Kendala dan Alternatif
Penanggulangannya”. Kumpulan Makalah Seminar Nasional dalam Rangka Tahun Emas Universitas
Udayana dan Sumpah Pemuda. Fakultas Sastra Universitas Udayana
Paryono, Yani. 2013. “Tantangan guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia pada Kurikulum 2013”. Prosiding Pertemuan Ilmiah
Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXV. Halaman 917-920. Surakarta:
Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret.
Permendikbud. 2016. “Standar Penilaian Pendidikan”. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/2013-06-18-06-45-37
(diakses 2 Desember 2016 , Pukul
13.06 WIB)
Puspendik. 2011. “Asesmen Media
Informasi dan Komunikasi”. Buletin Vol. 8
No. 3 Des 2011. Jakarta: Balitbang Kemdikbud. http://litbang.kemdikbud.go.id/data/puspendik/BULETIN%20%20Asesmen/Asesmen-des%202011.pdf
(diakses 27 Januari 2017, Pukul 13.
06 WIB)
Ratnawulan, Elis dan A. Rusdiana.
2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung:
Pustaka Setia.
Salim, Ainun dan Th. Nuraeni
Ekaningrum. 2006. “Tes Tertulis”. Assessment
Berbasis Kelas. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas
Sani, Ridwan Abdullah. 2016.
Penilaian Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Komentar