STRATEGI,PENDEKATAN,METODE,TEKNIK DAN MODEL PEMBELAJARAN
MENJAWAB
SOAL
MATERI
STRATEGI,PENDEKATAN,METODE,TEKNIK DAN
MODEL PEMBELAJARAN
Diajukan
untuk Memenuhi Tugas
Mata
Kuliah Strategi Pembelajaran BI
Semester
Empat A
Program
Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia
Dosen
Pengampu : Dra.Sri Muryati, M.Pd.
Disusun
Oleh :
Murtiana
Nainggolan (
NIM : 1350800005 )
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO
2015
SOAL!
1.Jelaskan pengertian
strategi,pendekatan,metode,teknik,dan model
pembelajaran diri dari berbagai sumber !Jelaskan pula perbedaan diantara
kelimanya!
2.Sebutkan salah satu model/metode/pendekatan/teknik/strategi yang dibahas didalam kelompok .Jelaskan karakteristiknya dan dampak pengiringnya yang dapat dicapai.Untuk memperjelas sertakan contoh materi kegiatan dan penilaiannya.
3.Keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan kunci keberhasilan pembelajaran.Berikan lima contoh strategi pembelajaran yang termasuk student active learning.Jelaskan karakteristik lima pembelajaran tersebut.
4.Pertimbangan apa saja yang dijadikan sumber pemilihan strategi pembelajaran. Jelaskan masing-masing!
5.Sebutkan dua strategi pembelajaran yang menekankan pada kegiatan kelompok dan dua strategi pembelajaran yang menekankan kegiatan mandiri!Jelaskan alasannya!
Jawaban.
1.Pengertian dari berbagai sumber dan perbedaan istilah strategi, pendekatan, metode, teknik dan model pembelajaran :
a. STRATEGI
Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.(J.R. David dalam Sanjaya, 2008:126)
Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.(Kemp dalam Sanjaya, 2008:126)
Istilah strategi sering digunakan dalam banyak konteks dengan makna yang selalu sama. Dalam konteks pengajaran strategi bisa diartikan sebagai suatu pola umum tindakan guru-peserta didik dalam manifestasi aktivitas pengajaran.(Ahmad Rohani, 2004 : 32).
Joyce dan Weil lebih senang memakai istilah model-model mengajar daripada menggunakan strategi pengajaran.(Joyce dan Weil dalam Rohani, 2004:33)
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
b. PENDEKATAN
Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif. (Sanjaya, 2008:127).
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
Pendekatan Pembelajaran - Membahas pembelajaran dalam dunia pendidikan tidak akan ada habisnya. Dalam kesempatan kali ini akan membahas pengertian pendekatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran sendiri memiliki arti suatu sudut pandang tentang proses pembelajaran yang masih dalam arti umum yang didalamnya dapat mewadahi, menguatkan, memberikan inspirasi
http://www.informasi-pendidikan.com/2014/01/pengertian-pendekatan-pembelajaran.html
c.. METODE
Metode merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke dalam berbagai metode. Metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan. Teknik dan taktik mengajar merupakan penjabaran dari metode pembelajaran.
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
d. TEKNIK
Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode. Misalnya, cara yang bagaimana yang harus dilakukan agar metode ceramah yang dilakukan berjalan efektif dan efisien? Dengan demikian sebelum seorang melakukan proses ceramah sebaiknya memperhatikan kondisi dan situasi.
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
e. MODEL
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.Nah, berikut ini ulasan singkat tentang perbedaan istilah tersebut.
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
Perbedaan diantara kelimanya:
a.STRATEGI PEMBELAJARAN
Suatu Pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang diperlukan agar siswa dapat mencapai tujuan-tujuan pemeblajaran secara efektif dan efisien.Strategi terkait dengan kebijaksanaan guru dalam memilih pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran
b.PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Suatu rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir berdasarkan prinsip-prinsip tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang terarah secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai.Suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang dilandasi oleh prinsip dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu
c.METODE PEMBELAJARAN
Prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.Metode adalah jabaran dari pendekatan.Satu pendekakatan bisa dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran.Metode pembelajaran merupakan prosedur pembelajaran yang difokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran
d.TEKNIK PEMBELAJARAN
Cara-cara konkrit yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.Guru dapat berganti-ganti teknik pembelajaran meskipun dalam koridor metode yang sama.Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran.
e.MODEL PEMBELAJARAN
Suatu bentuk tiruan (replika) dari suatu benda yang sesungguhnya Suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam mencapai tujuan.Contoh pola atau struktur pembelajaran siswa yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka mencapai - tujuan pembelajaran. Suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Contoh:
Strategi : Tanya Jawab
Pendekatan : Contextual Teaching and Learning
Metode : Cooperative Learning
Teknik : Diskusi Kelompok,Inquiry Kepustakaan
Model : Jigsaw
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (hxxp://smacepiring.wordpress.com/)
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/
2. Kelompok saya telah menjelaskan pendekatan pembelajaran, karakteristik pendekatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a.Indetifikasi, menetapkan sasaran, menetapkan kualifikasi output dan target yang ingin dicapai harus dilatari oleh lingkungan yang kali ini berpatok pada masyarakat.
b.Pemilihan cara paling efektif untuk mencapai sasaran dengan mempertimbangkan.
c.Menentukan langkah yang akan dicapai mulai dari awal hingga akhir, dengan tujuan agar mudah dalam memantau kinerja.
d.Menetapkan criteria dan standar sebagai tolak ukur pencapaian pembelajaran yang telah ditetapkan..
Karakteristik yang ada akan lebih memudahkan dalam membuat beberapa rumusan pencapaian dalam pembelajran dan dapat menepatkan pendekatan pembelajaran mana yang tepat untuk digunakan. Dalam proses pembelajaran sendiri tidak dapat anda putuskan sendiri menginggat kemampuan dari setiap sumber daya dan lingkungan tidaklah sama. Tetap membutuhkan saran dari beberapa pemangku kepentingan. Bila anda merupakan tenaga pendidik yang akan memilih menggunakan pendekatan pembelajaran model seperti apa, usahakan sebelum memilih ketahuilah kebutuhan yang cocok pada daerah sekitar anda, jangan memaksakan menggunakan salah satu pendekatan yang benar namun sangat bertentangan dengan realita. Berkompromi dengan realita dapat menjadi faktor informal yang dapat anda gunakan. Dalam posisi ini dibutuhkan beberapa faktor informal untuk kepentingan bersama.
Dampak pengiringnya yang dapat dicapai dari pendekatan pembelajaran adalah tanggung jawab,logis,kritisdapat menghargai,meningkatkan skill.
Contoh materi kegiatan
Macam-macam Pendekatan Pembelajaran Bahasa (Berdasar Prinsipnya) :
a.Pendekatan Tradisonal: Pendekatan informatif, karena kecenderungannya menyampaikan informasi tentang bahasa tanpa memperdulikan pengetahuan praktis atau kemampuan bahasa dan prosedur pembelajarannya hanya berdasarkan atas pengalaman pengajaran dan apa yang dianggap baik oleh umum.
bPendekatan Fungsional: Untuk mempelajari bahasa sebaiknya melakukan kontak langsung dengan masyarakat yang menggunakan bahasa.
c.Pendekatan Integral: Pengajaran bahasa harus merupakan sesuatu yang multimensional, oleh karena itu pengajaran harus fleksibel dan dengan metodologi yang terbuka.
d.Pendekatan Sosiolinguistik: Pendekatan pengajaran bahasa yang memanfaatkan hasil studi sosiolinguitik.
e.Pendekatan Psikologi : Pendekatan yang memandang pengajaran bahasa memiliki kaitan dengan ilmu yang menelaah bagaimana peserta didik belajar dan peserta didik sebagai individu yang kompleks.
fPende.katan Psikolinguistik : Pendekatan ini bertumpu pada teori tentang proses terjadinya benak anak ketika mulai belajar bahasa serta perkembangannya.
g.Pendekatan Pengelolaan Kelas: Pendekatan ini terdiri dari 5 pendekatan yaitu :
• Pendekatan Otoriter
• Pendekatan Permisif
• Pendekatan Pengubahan Perilaku
• Pendekatan Iklim Sosio Emosional
• Pendekatan Proses Kelompok
Penilaiannya berdasarkan test evaluasi individu misalnya dapat diberikan soal yang berkaitan tentang materi pendekatan.
3.Keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan kunci keberhasilan pembelajaran lima contoh strategi pembelajaran yang termasuk student active learning adalah
a. Penugasan
Guru menyampaikan kisi-kisi materi dan memberikan tugas (pertanyaan) sesuai dengan topik dan indikator kompetensi yang harus dikuasai siswa; menugaskan setiap kelompok siswa untuk mendiskusikan, mencari sumber guna menyelesaikan tugas (pertanyaan) yang diberikan sesuai dengan topik yang dibahas masing-masing kelompok dan menyusunnya dalam bentuk bahan presentasi.
b. Eksplorasi
Siswa bersama kelompoknya mencari bahan sumber, mendiskusikan dan menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, mendukung dan membantu teman yang mengalami kesulitan.
c. Presentasi Materi dalam Kelas
Guru mengundi kelompok yang harus persentasi atau topik yang harus dipresentasikan, mengundi satu orang yang harus mewakili kelompok untuk presentasi, presentasi materi kelompok, menanyakan kepada seluruh siswa tentang kejelasan inti materi yang telah dipresentasikan, memberi kesempatan pada anggota lain dari kelompok penyaji untuk memperjelas penyajian materi.
d. Pengecekan Pemahaman dan Pendalaman Materi
Guru menunjuk 2 - 4 orang secara acak di luar kelompok penyaji untuk mempresentasikan ulang materi sesuai pemahamannya dengan bergantian. Memonitor tingkat pemahaman siswa terhadap materi, memberi kesempatan setiap siswa untuk berpendapat atau bertanya kepada kelompok penyaji.
e. Refleksi dan Umpan Balik
Guru menjelaskan kembali beberapa pertanyaan yang belum terjawab dengan benar dan jelas oleh kelompok penyaji, memberikan rangkuman materi untuk mempertegas pemahaman siswa, memberi kesempatan setiap siswa untuk bertanya, menjawab dan menanggapi pertanyaan siswa.
http://www.mengejarasa.com/2012/06/pembelajaran-aktif-active-learning.html
4.Pertimbangan yang dijadikan sumber pemilihan strategi pembelajaran antara lain :
a.Usia peserta didik
Usia peserta didik mempengaruhi strategi yang digunakan tentu peserta didik yang berusia 10 tahun rata – rata sudah dapat membaca sendiri berbeda dengan usia 3 tahun kemampuan membaca belum merata di dalam kelas.
b.Jenjang pendidikan
Jenjang pendidikan misal sebagai contoh SMP dengan Perguruan Tinggi sangat berbeda, SMP guru harus aktif mengontrol sedang Perguruan Tinggi mahasiswa yang aktif mencari informasi.
c.Kecakapan pengajar
Lulusa pengajar perlu diperhatikan dalam mengajar di dalam kelas sesuai dengan bidangnya masing- masing.
d..Fasilitas sarana dan prasarana
Fasilitas adalah penunjang belajar akan berbeda sekolah berfasilitas komputer dengan sekolah yang masih serba manual.
e..Lingkungan sosial tempat tinggal sekolah
Lingkungan akan sedikit mempengaruhi,perkotaan seperti di Jakarta dengan pedesaan terutama waktu dan budaya sosialnya.
5.Berikut adalah strategi pembelajaran yang menekankan kelompok :
a. Strategi pembelajaran heuristic
Berdasarkan definisi heuristik yang sudah diberikan, maka pemberian heuristik dalam pembelajaran adalah suatu strategi (taktik) yang digunakan dalam membelajarkan pemecahan masalah matematika sehingga pemecah masalah (dalam hal ini siswa) dapat menyelesaikan masalah dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah dengan strategi heuristik. Dengan kata lain pemecahan dengan strategi heuristik adalah suatu prosedur khusus untuk membelajarkan menyelesaikan masalah , dengan memberikan penuntun/petunjuk dalam bentuk pertanyaan atau perintah pada setiap langkah-langkah pemecahan masalah
b.Strategi pembelajaran ekspositoris
Strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Karena strategi ekspositori lebih menekankan kepada proses bertutur, maka sering juga dinamakan strategi"chalk and talk".
Melalui strategi ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. Fokus utama strategi ini adalah kemampuan akademik (academic achievement) siswa.
Strategi pembelajaran heuristic dan strategi pembelajaran ekspositoris menekankan pembelajaran kelompok karena guru dalam memberikan materi dapat lebih efektif dengan secara kelompok untuk bertukar pendapat.
Strategi pembelajaran yang menekankan kegiatan mandiri adalah
a.Strategi pembelajaran Inkuiri
Strategi pembelajaran Inkuiri mengutamakan pencarian keaktifan mahasisiwa dalam memperoleh informasi aktual.Hal ini mengakibatkan keaktifan mandiri sangat diperlukan.
b.Strategi pembelajaran Discovery
Strategi pembelajaran Discovery merupakan teknik penemuan informasi masalah.
2.Sebutkan salah satu model/metode/pendekatan/teknik/strategi yang dibahas didalam kelompok .Jelaskan karakteristiknya dan dampak pengiringnya yang dapat dicapai.Untuk memperjelas sertakan contoh materi kegiatan dan penilaiannya.
3.Keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan kunci keberhasilan pembelajaran.Berikan lima contoh strategi pembelajaran yang termasuk student active learning.Jelaskan karakteristik lima pembelajaran tersebut.
4.Pertimbangan apa saja yang dijadikan sumber pemilihan strategi pembelajaran. Jelaskan masing-masing!
5.Sebutkan dua strategi pembelajaran yang menekankan pada kegiatan kelompok dan dua strategi pembelajaran yang menekankan kegiatan mandiri!Jelaskan alasannya!
Jawaban.
1.Pengertian dari berbagai sumber dan perbedaan istilah strategi, pendekatan, metode, teknik dan model pembelajaran :
a. STRATEGI
Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.(J.R. David dalam Sanjaya, 2008:126)
Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.(Kemp dalam Sanjaya, 2008:126)
Istilah strategi sering digunakan dalam banyak konteks dengan makna yang selalu sama. Dalam konteks pengajaran strategi bisa diartikan sebagai suatu pola umum tindakan guru-peserta didik dalam manifestasi aktivitas pengajaran.(Ahmad Rohani, 2004 : 32).
Joyce dan Weil lebih senang memakai istilah model-model mengajar daripada menggunakan strategi pengajaran.(Joyce dan Weil dalam Rohani, 2004:33)
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
b. PENDEKATAN
Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif. (Sanjaya, 2008:127).
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
Pendekatan Pembelajaran - Membahas pembelajaran dalam dunia pendidikan tidak akan ada habisnya. Dalam kesempatan kali ini akan membahas pengertian pendekatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran sendiri memiliki arti suatu sudut pandang tentang proses pembelajaran yang masih dalam arti umum yang didalamnya dapat mewadahi, menguatkan, memberikan inspirasi
http://www.informasi-pendidikan.com/2014/01/pengertian-pendekatan-pembelajaran.html
c.. METODE
Metode merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke dalam berbagai metode. Metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan. Teknik dan taktik mengajar merupakan penjabaran dari metode pembelajaran.
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
d. TEKNIK
Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode. Misalnya, cara yang bagaimana yang harus dilakukan agar metode ceramah yang dilakukan berjalan efektif dan efisien? Dengan demikian sebelum seorang melakukan proses ceramah sebaiknya memperhatikan kondisi dan situasi.
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
e. MODEL
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.Nah, berikut ini ulasan singkat tentang perbedaan istilah tersebut.
http://jaririndu.blogspot.com/2012/09/pengertian-pendekatan-metode-teknik.html
Perbedaan diantara kelimanya:
a.STRATEGI PEMBELAJARAN
Suatu Pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang diperlukan agar siswa dapat mencapai tujuan-tujuan pemeblajaran secara efektif dan efisien.Strategi terkait dengan kebijaksanaan guru dalam memilih pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran
b.PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Suatu rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir berdasarkan prinsip-prinsip tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang terarah secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai.Suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang dilandasi oleh prinsip dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu
c.METODE PEMBELAJARAN
Prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.Metode adalah jabaran dari pendekatan.Satu pendekakatan bisa dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran.Metode pembelajaran merupakan prosedur pembelajaran yang difokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran
d.TEKNIK PEMBELAJARAN
Cara-cara konkrit yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.Guru dapat berganti-ganti teknik pembelajaran meskipun dalam koridor metode yang sama.Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran.
e.MODEL PEMBELAJARAN
Suatu bentuk tiruan (replika) dari suatu benda yang sesungguhnya Suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam mencapai tujuan.Contoh pola atau struktur pembelajaran siswa yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka mencapai - tujuan pembelajaran. Suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Contoh:
Strategi : Tanya Jawab
Pendekatan : Contextual Teaching and Learning
Metode : Cooperative Learning
Teknik : Diskusi Kelompok,Inquiry Kepustakaan
Model : Jigsaw
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (hxxp://smacepiring.wordpress.com/)
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/
2. Kelompok saya telah menjelaskan pendekatan pembelajaran, karakteristik pendekatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a.Indetifikasi, menetapkan sasaran, menetapkan kualifikasi output dan target yang ingin dicapai harus dilatari oleh lingkungan yang kali ini berpatok pada masyarakat.
b.Pemilihan cara paling efektif untuk mencapai sasaran dengan mempertimbangkan.
c.Menentukan langkah yang akan dicapai mulai dari awal hingga akhir, dengan tujuan agar mudah dalam memantau kinerja.
d.Menetapkan criteria dan standar sebagai tolak ukur pencapaian pembelajaran yang telah ditetapkan..
Karakteristik yang ada akan lebih memudahkan dalam membuat beberapa rumusan pencapaian dalam pembelajran dan dapat menepatkan pendekatan pembelajaran mana yang tepat untuk digunakan. Dalam proses pembelajaran sendiri tidak dapat anda putuskan sendiri menginggat kemampuan dari setiap sumber daya dan lingkungan tidaklah sama. Tetap membutuhkan saran dari beberapa pemangku kepentingan. Bila anda merupakan tenaga pendidik yang akan memilih menggunakan pendekatan pembelajaran model seperti apa, usahakan sebelum memilih ketahuilah kebutuhan yang cocok pada daerah sekitar anda, jangan memaksakan menggunakan salah satu pendekatan yang benar namun sangat bertentangan dengan realita. Berkompromi dengan realita dapat menjadi faktor informal yang dapat anda gunakan. Dalam posisi ini dibutuhkan beberapa faktor informal untuk kepentingan bersama.
Dampak pengiringnya yang dapat dicapai dari pendekatan pembelajaran adalah tanggung jawab,logis,kritisdapat menghargai,meningkatkan skill.
Contoh materi kegiatan
Macam-macam Pendekatan Pembelajaran Bahasa (Berdasar Prinsipnya) :
a.Pendekatan Tradisonal: Pendekatan informatif, karena kecenderungannya menyampaikan informasi tentang bahasa tanpa memperdulikan pengetahuan praktis atau kemampuan bahasa dan prosedur pembelajarannya hanya berdasarkan atas pengalaman pengajaran dan apa yang dianggap baik oleh umum.
bPendekatan Fungsional: Untuk mempelajari bahasa sebaiknya melakukan kontak langsung dengan masyarakat yang menggunakan bahasa.
c.Pendekatan Integral: Pengajaran bahasa harus merupakan sesuatu yang multimensional, oleh karena itu pengajaran harus fleksibel dan dengan metodologi yang terbuka.
d.Pendekatan Sosiolinguistik: Pendekatan pengajaran bahasa yang memanfaatkan hasil studi sosiolinguitik.
e.Pendekatan Psikologi : Pendekatan yang memandang pengajaran bahasa memiliki kaitan dengan ilmu yang menelaah bagaimana peserta didik belajar dan peserta didik sebagai individu yang kompleks.
fPende.katan Psikolinguistik : Pendekatan ini bertumpu pada teori tentang proses terjadinya benak anak ketika mulai belajar bahasa serta perkembangannya.
g.Pendekatan Pengelolaan Kelas: Pendekatan ini terdiri dari 5 pendekatan yaitu :
• Pendekatan Otoriter
• Pendekatan Permisif
• Pendekatan Pengubahan Perilaku
• Pendekatan Iklim Sosio Emosional
• Pendekatan Proses Kelompok
Penilaiannya berdasarkan test evaluasi individu misalnya dapat diberikan soal yang berkaitan tentang materi pendekatan.
3.Keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan kunci keberhasilan pembelajaran lima contoh strategi pembelajaran yang termasuk student active learning adalah
a. Penugasan
Guru menyampaikan kisi-kisi materi dan memberikan tugas (pertanyaan) sesuai dengan topik dan indikator kompetensi yang harus dikuasai siswa; menugaskan setiap kelompok siswa untuk mendiskusikan, mencari sumber guna menyelesaikan tugas (pertanyaan) yang diberikan sesuai dengan topik yang dibahas masing-masing kelompok dan menyusunnya dalam bentuk bahan presentasi.
b. Eksplorasi
Siswa bersama kelompoknya mencari bahan sumber, mendiskusikan dan menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, mendukung dan membantu teman yang mengalami kesulitan.
c. Presentasi Materi dalam Kelas
Guru mengundi kelompok yang harus persentasi atau topik yang harus dipresentasikan, mengundi satu orang yang harus mewakili kelompok untuk presentasi, presentasi materi kelompok, menanyakan kepada seluruh siswa tentang kejelasan inti materi yang telah dipresentasikan, memberi kesempatan pada anggota lain dari kelompok penyaji untuk memperjelas penyajian materi.
d. Pengecekan Pemahaman dan Pendalaman Materi
Guru menunjuk 2 - 4 orang secara acak di luar kelompok penyaji untuk mempresentasikan ulang materi sesuai pemahamannya dengan bergantian. Memonitor tingkat pemahaman siswa terhadap materi, memberi kesempatan setiap siswa untuk berpendapat atau bertanya kepada kelompok penyaji.
e. Refleksi dan Umpan Balik
Guru menjelaskan kembali beberapa pertanyaan yang belum terjawab dengan benar dan jelas oleh kelompok penyaji, memberikan rangkuman materi untuk mempertegas pemahaman siswa, memberi kesempatan setiap siswa untuk bertanya, menjawab dan menanggapi pertanyaan siswa.
http://www.mengejarasa.com/2012/06/pembelajaran-aktif-active-learning.html
4.Pertimbangan yang dijadikan sumber pemilihan strategi pembelajaran antara lain :
a.Usia peserta didik
Usia peserta didik mempengaruhi strategi yang digunakan tentu peserta didik yang berusia 10 tahun rata – rata sudah dapat membaca sendiri berbeda dengan usia 3 tahun kemampuan membaca belum merata di dalam kelas.
b.Jenjang pendidikan
Jenjang pendidikan misal sebagai contoh SMP dengan Perguruan Tinggi sangat berbeda, SMP guru harus aktif mengontrol sedang Perguruan Tinggi mahasiswa yang aktif mencari informasi.
c.Kecakapan pengajar
Lulusa pengajar perlu diperhatikan dalam mengajar di dalam kelas sesuai dengan bidangnya masing- masing.
d..Fasilitas sarana dan prasarana
Fasilitas adalah penunjang belajar akan berbeda sekolah berfasilitas komputer dengan sekolah yang masih serba manual.
e..Lingkungan sosial tempat tinggal sekolah
Lingkungan akan sedikit mempengaruhi,perkotaan seperti di Jakarta dengan pedesaan terutama waktu dan budaya sosialnya.
5.Berikut adalah strategi pembelajaran yang menekankan kelompok :
a. Strategi pembelajaran heuristic
Berdasarkan definisi heuristik yang sudah diberikan, maka pemberian heuristik dalam pembelajaran adalah suatu strategi (taktik) yang digunakan dalam membelajarkan pemecahan masalah matematika sehingga pemecah masalah (dalam hal ini siswa) dapat menyelesaikan masalah dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah dengan strategi heuristik. Dengan kata lain pemecahan dengan strategi heuristik adalah suatu prosedur khusus untuk membelajarkan menyelesaikan masalah , dengan memberikan penuntun/petunjuk dalam bentuk pertanyaan atau perintah pada setiap langkah-langkah pemecahan masalah
b.Strategi pembelajaran ekspositoris
Strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Karena strategi ekspositori lebih menekankan kepada proses bertutur, maka sering juga dinamakan strategi"chalk and talk".
Melalui strategi ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. Fokus utama strategi ini adalah kemampuan akademik (academic achievement) siswa.
Strategi pembelajaran heuristic dan strategi pembelajaran ekspositoris menekankan pembelajaran kelompok karena guru dalam memberikan materi dapat lebih efektif dengan secara kelompok untuk bertukar pendapat.
Strategi pembelajaran yang menekankan kegiatan mandiri adalah
a.Strategi pembelajaran Inkuiri
Strategi pembelajaran Inkuiri mengutamakan pencarian keaktifan mahasisiwa dalam memperoleh informasi aktual.Hal ini mengakibatkan keaktifan mandiri sangat diperlukan.
b.Strategi pembelajaran Discovery
Strategi pembelajaran Discovery merupakan teknik penemuan informasi masalah.
Komentar